SGRO Akuisisi 12.880 Hektar Lahan

SGRO Akuisisi 12.880 Hektar Lahan

PT Sampoerna Agro Tbk (SGRO) terus menambah cadangan land bank. Sejatinya, lahan yang sudah dimiliki saat ini masih bisa dimanfaatkan hingga sembilan tahun mendatang.

“Tapi tentunya tetap harus kami tambah terus land bank,” ujar Investor Relation SGRO Michael Kusuma, Kamis (4/8).

Perseroan baru saja mengakuisisi PT Anugerah Palm Indonesia (API). Akuisisi atas pemilik areal konsensi seluas 12.880 ha di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat itu telah diselesaikan pada 23 Juni lalu.

Dari total lahan tersebut, sebesar 43% telah memiliki izin Hak Guna Usaha (HGU). Sementara, sekitar 56% dari total area konsesi dapat ditanami secara berkelanjutan sehingga sangat memungkinkan untuk dibangun satu PKS.

API diakuisisi karena posisinya yang strategis. Lokasi perkebunannya diapit langsung oleh dua lahan milik SGRO. Jadi, pasca akuisisi ini, produksi TBS bisa meningkat sekaligus ada efisiensi yang didapat.

Sayang, Michael enggan merinci nilai akuisisi API. “Yang jelas, harga (akuisisi) -nya masih reasonable,” imbuhnya.

Tapi sedikit gambaran, nama API terkait akuisisi ini memang belum masuk ke dalam pembukuan paruh waktu tahun ini. Tapi berdasarkan laporan keuangan SGRO tersebut, nilai akuisisinya pun kecil.

Dalam pos keuangan arus kas dari aktivitas investasi perseroan, tercatat ada angka Rp 35,89 miliar untuk akuisisi. Untuk periode yang sama tahun sebelumnya, pos keuangan ini masih nihil.

 

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *