Nasehat Jake Bernstein Untuk Anda

Nasehat Jake Bernstein Untuk Anda

Saat ini profesi sebagai trader sudah bisa diakui oleh dunia sebagai salah satu mata pencarian. Well, walau buat pasangan anda (kadang) masih disarankan untuk mencari pekerjaan yang lebih “pasti”.

Namun di era ‘60an profesi trader masih jarang dilirik kebanyakan orang. Salah satunya Jake Bernstein. Seorang tokoh trader ini sebelumnya sama sekali tidak mengenal dunia ekonomi apalagi dunia trading. Karena Jake Berstein adalah seorang psikolog.

Jake Bernstein pun akhirnya banting stir menjadi seorang trader. Loh, bagaimana bisa seorang psikolog menjadi seorang tokoh trader yang sekarang banyak diundang ke seminar-seminar dan menjadi pengajar trader-trader newbie?

JAKE BERNSTEIN

 

From Psychologist to Trader

Ketertarikannya pada dunia trading dimulai karena kebetulan – personally, saya tidak percaya dengan kebetulan. Jake Bernstein tertarik pada iklan dalam surat kabar tentang Futures Trading – yang seperti biasa kita lihat pada majalah, iklan di media online, bahkan brosur yang dibagikan setiap seminar mengenai investasi. Dan tanpa pikir panjang Jake Bernstein menghubungi si broker.

Setelah mengikuti training singkat dari si broker, Jake Bernstein pun langsung membuka account trading pertamanya pada tahun 1968. Seperti kebanyakan kesalahan trader newbie, ia pun loss. “Saya cepat sukses, namun dana dalam account saya juga cepat menguap.” Kenang Jake Berstein seperti yang dikutip dalam wawancaranya dengan salah satu media luar.

Tidak sampai disitu, jiwa trader sepertinya memang sudah mengalir dalam nadinya. Rasa tertantang adalah semangatnya untuk melanjutkan profesi barunya ini. Ia bingung: kenapa seorang trader bisa rugi begitu banyak sementara yang lain bisa menghasilkan profit yang cukup besar.

Kebangkitannya ia mulai dengan membandingkan hasil tradingnya dengan rekan trader lainnya. Lalu ia menyelami seluruh aspek trading dan menyusun sebuah sistem trading, ia mulai lagi dari awal. Metode trading yang ia gunakan sebagian besar berdasarkan analisa teknikal yang dilakukan dengan disiplin.

 

Tools for success from Jake Bernstein

Orientasinya selalu pada analisa teknikal, pola pergerakan harga (chart pattern) dan siklus pasar. Jake Bernstein berkata: “Chart pattern lebih sebagai seni. Analisa teknikal seharusnya obyektif. Jika saya mengajar dan menunjukkan sebuah chart pattern pada 10 siswa, saya akan merasa berhasil dan puas jika mereka semua sampai pada kesimpulan yang sama. Itulah yang saya maksud dengan obyektif.”

Menurutnya analisa Elliot wave sebagai salah satu tipe analisa teknikal yang sangat subyektif. Interpretasi setiap trader dalam menghitung urutan tiap gelombang (wave) sering berbeda.

 

Jake Bernstein pun selalu membagikan pedoman sukses tradingnya. Seperti:

  • Self discipline  Belajar adalah hukum wajib. Dunia trading memiliki rules yang harus dipatuhi untuk berhasil.
  • Persistence  Jangan mudah menerima kekalahan. Jika anda ingin menang banyak, anda harus berada di permainan ini.
  • Consistency  Sebelum anda menemukan sistem trading yang pas. Coba dan pelajari terus hingga anda menemukannya.
  • Self-control  Anda harus bisa mengendalikan dua sifat terburuk trader: 2T. Takut & Tamak.
  • Knowledge  Analisa kesalahan anda dan terus memahami cara kerja market adalah kunci vital untuk sukses.
  • Start-up Capital  Anda harus memiliki modal awal untuk melakukan petualangan ini.

 

Jake Bernstein trading pada pasar futures yang sangat aktif seperti sektor energi, forex dan S&P. Dengan pengalaman 40 tahun trading, Bernstein adalah konsultan investasi dengan client para investor, trader, lembaga keuangan, industri, perusahaan broker, hingga hedge fund manager.

Jake Berstein sudah menelurkan beberapa buku, antara lain: Key-Date Seasonal Analysis, The MA Channel Method, Market Patterns, Short-Term and Intermediate-Term Trading Methods, The Critical Time of Day and the 30-Minute Breakout Methods, The Power Momentum & Advanced Power Momentum Manual, MOM/MA (Momentum Moving Average), The Daily Sentiment Index, dan The Compleat Day Trader.

Sementara nasihatnya untuk trader pemula: “Jika mau trading serius, modal harus cukup. Pilih pasar yang range pergerakan harganya tinggi. Jangan mengabaikan management resiko. Banyak membaca, dan selalu obyektif.”

Saya rasa Jake Bernstein merupakan salah satu inspirasi trader yang bisa ditiru, mengingat jam terbangnya selama ini dalam mengarungi dunia trading.

 

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *