BRI Mengembangkan Ekonomi MIKRO Pedesaan

BRI Mengembangkan Ekonomi MIKRO Pedesaan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bersama Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi kembali bersinergi dalam mengembangkan ekonomi mikro berbasis pedesaan. Ketiga pihak ini melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pengelolaan Administrasi dan Manajemen Dana Desa serta Pengembangan BUMDes.

Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan PT Bank Rakyat Indonesia untuk terus menyokong pembangunan dan pengembangan perekonomian pedesaaan sesuai dengan kearifan lokal masayarakat desa. Salah satu buktinya, adalah kehadiran unit-unit kerja BRI yang menjangkau pelosok-pelosok Nusantara, kata Sekretaris Perusahaan BRI Hari Siaga Amijarso. Sebagai bank dengan nasabah kredit mikro terbesar di Indonesia, yakni 8,6 juta peminjam pada segmen mikro per akhir September 2016, BRI sangat fokus dan terus memberikan inovasi terbaru untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat mikro khususnya masyarakat pedesaan.

Melalui kerjasama ini BRI menyediakan berbagai fasilitas dan layanan seperti penyediaan dashboard atau sistem yang secara interface tergabung dalam sistem perbankan. Dashboard yang disiapkan berfungsi untuk mendukung efektifitas monitoring, administrasi dan pelaporan Rekening Kas Desa dan rekening operasional BUMDesa dan/atau BUMDesa Bersama.

Sebagaimana diungkapkan oleh Hari, ke depan PT Bank Rakyat Indonesia akan menyediakan layanan perbankan satu pintu (one stop services) untuk mendukung tata kelola administrasi dan manajemen rekening kas desa dan unit usaha BUMDes.

Hingga laporan kinerja keuangan Triwulan 3 Tahun 2016, Bank BRI telah memilki 10.639 unit kerja operasional yang tersebar di seluruh nusantara. Jumlah unit kerja yang besar dan tersebar ini tentunya dapat mendorong secara penuh pengimplementasian pembangunan, pengembangan, dan penguatan ekonomi mikro di pedesaan.

 

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *